Minggu, 18 Januari 2015

Cerita Koin Penentu Nasib



Alkisah, dalam sebuah perang yang menentukan, seorang jenderal Jepang memutuskan untuk menyerang, kendati pun jumlah pasukan yang dimilikinya jauh lebih kecil. Sang jenderal percaya, mereka akan menang, tetapi pasukan justru ragu.

Dalam perjalanan menuju ke medan perang, mereka berhenti di sebuah kuil. Sesudah berdoa bersama pasukannya, jenderal itu mengeluarkan sebuah koin dan berkata, “Saya akan melempar koin ini. Jika yang muncul adalah bagian muka koin, kita akan menang. Jika bagian belakang yang muncul, kita akan kalah. Kini nasib yang akan mengungkapkan dirinya.”

Ia lalu melempar koin ke udara. Semua pasukan mengamatinya dengan penuh rasa ingin tahu. Koin yang jatuh memperlihatkan sisi bagian muka. Semua pasukan sangat senang.

Ketika pertempuran dimulai, mereka dengan penuh percaya diri dan semangat menyerang musuh. Mereka akhirnya memenangi pertempuran.

Usai berperang seeorang letnan berkata kepada jenderalnya, ”Tak seorang pun bisa mengubah nasib.” Sang letnan menganggap sudah nasib mereka untuk menang.

“Agak benar,” sahut sang jenderal sambil menunjukkan koin tersebut kepada letnannya. Koin itu ternyata memiliki dua sisi yang sama (Olivia & Alam, 2009:127-128).

Selamat beraksi - refleksi atas cerita di atas. Semoga Anda mendapatkan kearifan luar biasa dari cerita tersebut !
Di bawah adalah langkah atau panduan sebagaimana yang saya paparkan dalam tulisan terdahulu : Kearifan Di Balik Cerita, Menggali Kearifan Cerita Dengan Silence, Stillness, Solitude (3S) dan Langkah Membangun Silence, Stillness, Solitude (3S).

1. Cari tempat dan waktu yang tenang untuk membantu konsentrasi selama membaca.
2. Bacalah ceritanya pelan-pelan.
3. Ajukan pertanyaan untuk dijawab sendiri.
4. Ringkasan makna, manfaat, kearifan yang diperoleh dari cerita di atas.

Ikuti terus cerita menarik lainnya di edisi mendatang .............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar